Nice Info Tentang Treadmill: Kelebihan dan Kekurangan Alat Ini

Treadmill

Sebelum membeli treadmill, pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangannya.

Treadmill (disebut juga treadwheel) adalah alat yang dapat membantu kita untuk berjalan, berlari, bahkan berjalan menanjak tanpa berpindah tempat. Treadmill dapat digerakkan secara manual, maupun menggunakan listrik. Dengan adanya pandemi Covid 19, banyak orang yang mulai memikirkan untuk beralih berolahraga dirumah. Salah satu alternatif yang terpikirkan tentunya adalah treadmill. Apalagi apabila anda memang menekuni olahraga lari, tentunya alat ini sudah pasti merupakan alat yang tepat untuk anda.

Apa saja keuntungan memiliki treadmill di rumah?

Keuntungan

Dilansir dari blog ruparupa, terdapat 5 manfaat olahraga Treadmill setiap hari, yaitu:

  1. Menjaga berat badan. Manfaat yang dirasakan saat melakukan olahraga treadwheel hampir sama dengan ketika kita berjalan kaki atau berlari, diantaranya meningkatnya massa otot . Otot merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam menjalankan sistem metabolisme tubuh, sehingga dengan massa otot yang baik maka makanan akan lebih cepat dicerna, dan lebih mudah mendapatkan serta mempertahankan bentuk tubuh yang seimbang.
  2. Mencegah osteoporosis. Dengan berjalan kaki, tulang akan dirangsang untuk menahan beban tubuh secara alami. Dan proses ini tentunya mampu memperkuat tulang dan menjaga kesehatan sendi, otot, tulang serta lutut.
  3. Menyehatkan otot jantung. Berjalan kaki mampu menyehatkan otot jantung serta memperlancar peredaran darah. Dengan peredaran darah yang lancar ke seluruh tubuh maka konsentrasi Anda akan meningkat serta tanpa Anda sadari, berjalan kaki atau berlari juga mampu mengurangi stress.
  4. Membantu memantau aktivitas olahraga. Alat treadwheel masa kini umumnya telah dilengkapi dengan alat untuk memonitor detak jantung. Bahkan menghitung berapa banyak kalori yang terbakar, kecepatan lari serta jarak tempuh. Dengan demikian Anda akan lebih mudah untuk mengatur waktu dan jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Olahraga yang sesuai dengan kebutuhan itu dilihat dari usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, hingga aktivitas yang dilakukan.
  5. Dapat dilakukan di dalam ruangan. Bagi Anda yang sibuk beraktivitas, kadang waktu untuk berolahraga jadi semakin menipis. Dengan alat ini Anda bisa melakukan olahraga seperti jalan kaki, jalan cepat hingga berlari sesuai dengan kebutuhan Anda dari dalam ruangan. Berlari dengan treadwheel juga berarti tidak perlu memikirkan cuaca diluar.

Baca juga Manfaat Olahraga bagi Kesuburan disini.

Lalu, apakah ada kekurangan dari treadmill?

Kekurangan

Alat ini juga memiliki beberapa kelemahan dibandingkan dengan alat olahraga lain yang sejenis, yaitu:

  1. Harga menentukan kualitas. Apabila budget anda terbatas, anda dapat membeli jenis manual yang harganya lebih murah bila dibandingkan dengan jenis elektrik. Namun, jenis manual membutuhkan pergerakan awal dari kaki, yang dapat menimbulkan masalah pada sendi kaki bila berlangsung terus menerus. 
  2. Getaran berlebihan. Menurut spine-health.com, treadwheel dapat menimbulkan getaran yang berlebihan pada punggung, serta tekanan pada pangkal paha, lutut, dan pergelangan kaki, terutama apabila anda tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu atau ber-treadwheel terus menerus secara berlebihan. Alat treadwheel yang canggih biasanya memiliki penyerap kejut yang baik apda landasannya. Namun, hal ini tentu akan membuat harga treadmill semakin mahal.
  3. Memakan banyak ruang. Meskipun terdapat jenis yang dapat dilipat, namun treadmill tetap merupakan alat olahraga yang cukup besar sehingga anda perlu menyediakan ruangan yang cukup. Semakin canggih alat ini, biasanya akan memakan ruang yang makin besar.
  4. Kemungkinan cedera. Terlalu sering berlari di atas treadwheel dapat menyebabkan cedera karena penggunaan bagian kaki tertentu yang sama terus-menerus. Berbeda dengan lari diluar ruangan yang memiliki perbedaan tinggi medan dan rintangan, berlari di treadwheel cenderung monoton. Karena itu, perlu adanya variasi dalam berlari seperti menggunakan mode menanjak, dan variasi dalam kecepatan lari. Sayangnya, tidak semua treadwheel memiliki mode menanjak, dan tentunya mode ini akan menambah harganya.
  5. Rasa bosan. Karena dilakukan dalam ruangan, berlari di treadmill dapat menimbulkan rasa bosan karena pemandangan yang tidak berubah.
  6. Daya listrik yang cukup besar. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari treadmill, maka sebaiknya anda menggunakan jenis elektrik. Sayangnya, daya listrik untuk menggunakannya tidak sedikit. Treadmill elektrik paling sederhana dan paling kecil memiliki daya sekitar 735 watt.
treadmill
Rutin berlari menggunakan treadmill dapat menimbulkan cedera apabila tidak dilakukan dengan benar (Sumber gambar: Google)

Apabila anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan treadmill, anda dapat mempertimbangkan untuk membelinya. Jangan lupa, baca artikel ini untuk panduan memilih jenis yang tepat bagi anda ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *