Dazzle Dumbbell! 12 Manfaat Latihan Dumbbell Di Rumah

latihan dumbbell

Sudahkah anda mencoba latihan dumbbell?

Latihan Dumbbell

Olahraga yang dikenal masyarakat umum biasanya berupa olahraga aerobik. Memang, olahraga aerobik seperti berenang, bersepeda, sepak bola, dan senam aerobik memang populer dan dapat dilakukan secara berkelompok sehingga meningkatkan frekuensi dan semangat olahragawan. Namun, masa pandemi seperti sekarang ini membuat kegiatan berolahraga secara berkelompok berpotensi meningkatkan risiko untuk penularan covid 19. Sehingga, aktivitas olahraga yang melibatkan kerumunan dan sulit menjaga jarak sebaiknya dikurangi dan dihindari.  

Olahraga yang belum terlalu populer namun memiliki banyak manfaat adalah latihan resistensi. Latihan yang sering disebut sebagai latihan beban atau angkat beban merupakan latihan yang meningkatan kekuatan otot dengan cara melakukan pergerakan melawan gaya yang berasal dari tubuh sendiri. Latihan ini dilakukan dengan mengontraksikan otot terhadap tahanan eksternal yang diberikan. 

Peralatan Untuk Latihan Beban

Latihan resistensi bisa dilakukan dengan berat tubuh sendiri, atau menggunakan alat seperti beban (barbell, dumbbell, kettlebell) atau resistance band.

Dumbell vs Barbell

Sebenarnya, barbel yang dikenal di masyarakat Indonesia adalah dumbell. Barbell sesungguhnya merupakan jenis beban yang terdiri dari satu beban yang harus diangkat dengan kedua tangan. sementara, dumbbell terdiri dari beban yang dipegang oleh masing – masing tangan, sehingga lebih fleksibel.

Gunakan berat dumbbell yang tidak terlalu berat untuk permulaan, lalu secara bertahap naikkan beratnya. Apabila anda memilih menggunakan resistance band, gunakan dengan ketebalan minimum, lalu dinaikkan secara bertahap.

latihan dumbbell
Dumbbell terdiri dari berbagai macam berat dan warna warni yang menarik (sumber: Google)

Latihan dengan menggunakan dumbbell ataupun resistance band dapat dilakukan dimana saja. Sediakan dumbbell dirumah, dan bawa resistance band ketempat kerja anda sehingga anda bisa memulai latihan beban dimana saja dan kapan saja anda memiliki waktu luang.

latihan dumbbell

Manfaat Latihan Dumbbell

Latihan angkat beban memberikan banyak manfaat bagi tubuh anda. Banyak wanita yang khawatir latihan beban akan membuat otot terlalu besar dan terlihat macho. Padahal,  olahraga ini memiliki manfaat untuk kesehatan baik bagi pria maupun wanita. 

Berikut manfaat latihan dumbbell diambil dari situs sehatq.com

Menambah Massa Otot dan Mengurangi Lemak

Latihan beban akan menambah massa otot dan mengurangi persentase lemak tubuh. Dengan bertambahnya massa otot, tubuh anda akan lebih mudah membakar lemak. Sehingga, apabila anda berniat untuk mengurangi lemak tubuh, latihan beban dapat menjadi solusinya. Jangan sedih apabila ternyata berat badan anda tidak berkurang, atau malah terlihat bertambah. Otot memiliki massa yang lebih berat daripada lemak, sehingga lemak yang terbakar dan digantikan oleh otot tentunya akan lebih berat. Meskipun berat badan cenderung bertambah, namun komposisi tubuh anda akan lebih sehat.

Baca juga mengenai ragam komposisi berat tubuh disini.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan berkurangnya lemak, maka tubuh anda akan terlihat lebh sehat. Ukuran lingkar pinggang, perut dan lengan anda akan mengecil dan terlihat kencang. Semua ini tentunya akan menambah kepercayaan diri anda.

Latihan beban juga akan meningkatkan metabolisme istirahat. Artinya, tubuh akan terus membakar kalori meskipun sedang beristirahat.

Mengembangkan Kemampuan Otak

Latihan angkat beban tidak hanya berpusat pada otot tubuh saja, tetapi juga dapat meningkatkan fungsi otak dengan memicu peredaran darah serta produksi hormon-hormon yang membantu meningkatkan kinerja otak, seperti hormon IGF-1

Mencegah Osteoporosis

Mengangkat beban akan memberikan tekanan pada tulang anda, dan membuatnya lebih kuat. Selain melatih kekuatan otot, olahraga angkat beban juga membantu mengurangi penurunan massa tulang yang dapat memicu osteoporosis, khususnya pada kaum wanita.

Mengurangi Risiko Diabetes

Latihan angkat beban dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang digeluti untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Bahkan, penderita diabetes juga bisa menjadikan ini sebagai pilihan olahraganya.

Menambah Ketahanan Tubuh

Selain dijadikan latihan penambah kekuatan otot, olahraga angkat beban juga merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Saat melakukan olahraga ini, Anda semakin lama perlu menambah beban yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh.

Mencegah Berkurangnya Massa Otot

Seiring bertambahnya usia, Anda akan kehilangan massa otot sebanyak tiga sampai delapan persen per 10 tahunnya. Latihan angkat beban dapat membantu mencegah penurunan massa otot dan menguatkan tulang-tulang Anda di hari tua nanti.

Baca juga mengenai skinny fat disini.

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menjaga massa otot, latihan angkat beban juga membantu melindungi organ jantung dengan menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah.

Mencegah Terjadinya Cedera

Saat menjalani latihan angkat beban, Anda juga turut menguatkan tulang dan jaringan-jaringan tubuh. Hal ini dapat mengurangi peluang Anda untuk mengalami cedera. Olahraga ini juga dapat mengurangi nyeri punggung dan artritis.

Mempermudah Gerakan Tubuh

Melalui latihan angkat beban, Anda bisa menggerakkan otot dengan sesuai dan efisien. Olahraga ini sangat membantu agar anggota tubuh bisa bergerak secara teratur tanpa memberikan tertentu pada bagian tubuh tertentu.

Meningkatkan Keseimbangan

Penguatan otot karena latihan angkat beban berdampak pada keseimbangan tubuh Anda. Otot akan semakin baik dalam menjaga keseimbangan dan membuat Anda lebih kokoh, serta tidak mudah jatuh.

Meningkatkan Kesehatan Tubuh Secara Keseluruhan

Produktivitas, suasana hati yang positif dan kebiasaan tidur akan meningkat dengan latihan angkat beban secara teratur. Latihan angkat beban juga dapat membantu melawan insiden kanker usus besar.

Kesimpulan

Latihan dumbbell tidak hanya bermanfaat untuk membentuk otot yang kekar, namun bisa juga bermanfaat bagi wanita dan pria yang menginginkan tubuh sehat dan ideal. Nantikan artikel selanjutnya yang akan membahas teknik dan ragam peralatan dumbbell!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *