Great News! 5 Jenis Gula Alkohol, Pemanis Rendah Kalori

Apakah gula alkohol itu? Apakah mengandung alkohol seperti namanya?

Gula alkohol merupakan alternatif gula yang sangat populer. Anda mungkin sering mengonsumsinya, namun tidak menyadarinya. Jenis gula ini terlihat dan memiliki rasa yang menyerupai gula biasa, namun dengan kandungan kalori yang lebih sedikit, tidak mudah diserap tubuh, dan berbeda dengan pemanis buatan lainnya, aman untuk kesehatan. Bahkan, beberapa jenis gula ini dapat membantu meningkatkan kesehatan.

Definisi Gula Alkohol

Gula alkohol merupakan jenis karbohidrat yang susunan kimianya menyerupai gula dan alkohol. Meskipun begitu, gula ini tidak mengandung etanol apapun, sehingga tidak memabukkan dan dapat dikonsumsi oleh kalangan muslim. 

Bentuknya menyerupai gula pasir pada umumnya, yaitu kristal putih dan mudah larut dalam air. Gula ini secara alami terdapat pada buah dan sayuran, namun bisa juga diproduksi secara sintesis melalui proses hidrogenasi gula.

Rasa gula ini manis, namun tingkat kemanisannya cenderung dibawah gula pasir. Berbeda dengan pemanis buatan yang bisa 0 kalori, gula ini masih mengandung kalori, hanya saja tidak sebanyak gula biasa.

Keuntungan

Berikut merupakan keuntungan dari mengkonsumsi gula alkohol:

  • Rendah kalori. Jenis gula ini masih mengandung kalori, hanya dalam jumlah yang jauh lebih sedikit daripada gula biasa. Gula alkohol juga tidak mudah dicerna, sehingga tidak cepat meningkatkan gula darah dan baik untuk penderita diabetes. Namun, konsumsi berlebihan gula jenis ini dapat menimbulkan kembung dan diare. Jadi, perusahaan makanan atau minuman biasanya mencantumkan peringatan agar tidak mengkonsumsi berlebihan produk yang mengandung gula alkohol, karena dapat menimbulkan efek laksatif.
  • Tidak menimbulkan kerusakan gigi. Gula alkohol tidak mudah dimetabolisme oleh bakteri mulut, sehingga tidak meningkatkan keasaman mulut dan kerusakan gigi. Jenis gula ini banyak digunakan sebagai pemanis pada permen (termasuk permen karet “bebas gula”), serta mouthwash.
  • Memiliki manfaat kesehatan lain. Anda dapat membaca mengenai manfaat gula alkohol (xylitol dan inositol) pada bagian jenis alkohol di bawah ini.
gula alkohol
Terdapat banyak varian gula alkohol di pasaran untuk menambah nikmat kopi anda. (Sumber Gambar: Google)

Jenis Gula Alkohol

Sesekali, coba baca makanan atau minuman ringan yang biasa anda beli di supermarket. Pasti beberapa diantaranya mengandung gula alkohol. Berikut merupakan beberapa jenis gula alkohol yang banyak beredar di pasaran:

Sorbitol

Jenis gula ini terdapat pada beberapa jenis buah, dan diproduksi juga secara sintesis. Tingkat kemanisannya sekitar 60% dari gula pasir. Sorbitol terasa lembut dan dingin di mulut, sehingga cocok dijadikan pemanis pada permen karet rasa mint dan mouthwash. Sorbitol juga sering dijadikan campuran pemanis untuk penderita diabetes. Sorbitol mengandung 2,6 kalori per 1 gramnya.* Sorbitol memiliki efek yang sangat kecil pada gula darah dan insulin, tetapi dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang serius.

Erythritol

Sering disebut juga poliol dan digunakan di Amerika sebagai salah satu zat aditif alami, manisnya sekitar 60 – 70% gula biasa. Kalori gula alkohol yang satu ini paling rendah, yaitu sekitar 0,24 kalori per gram.* Sehingga, gula ini bisa dianggap tidak mempengaruhi gula darah, dan bisa dikonsumsi tanpa menambah catatan karbohidrat anda. Erythritol juga tidak memiliki efek pencernaan seperti kebanyakan gula alkohol lainnya, karena diserap sekitar 90% sehingga tidak mencapai usus besar, dan tidak menimbulkan diare. Erythritol dikeluarkan tanpa berubah senyawanya melalui urin. 

Maltitol

Gula ini diproses dari maltosa, dan rasanya sangat mirip gula biasa karena rasa manisnya sekitar 90% dari sukrosa. Kalori maltitol hampir sekitar setengah dari kalori gula biasa (sekitar 2,1 kalori per gram*). Namun, pemanis ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah, sehingga harus hati-hati untuk penderita diabetes.

Xylitol

Sumber alami xylitol pada alam antara lain buah plum, stroberi, kembang kol, dan labu. Rasa manisnya hampir setara dengan gula biasa. Dikenal melalui merk permen karet yang populer, xylitol memiliki rasa mint yang unik, dan kadar kalori sekitar 2,4 kalori per gramnya.* Selain pada permen karet, xylitol juga banyak digunakan pada produk perawatan mulut seperti mouthwash dan pasta gigi. Xylitol ditoleransi dengan baik oleh pencernaan, sehingga tidak menimbulkan gangguan pencernaan pada konsumsi kurang dari 20 gram/hari.

Selain memiliki manfaaat yang sama seperti gula alkohol lain (tidak meningkatkan gula darah dan tidak merusak gigi), xylitol ternyata juga memiliki manfaat lainnya seperti yang telah diulas oleh situs MDPI berikut ini :

  • Berfungsi sebagai prebiotik. Hanya setengah dari xylitol yang diserap tubuh, sisanya akan menuju ke usus besar dan difermentasi oleh bakteri baik disana. 
  • Menurunkan risiko kanker usus besar. Xylitol akan memperbesar volume feses, sehingga mempersingkat transit feses di usus besar dan mempermudah buang air besar. Selain itu, hasil fermentasi xylitol oleh bakteri, yaitu asam butirat juga menurunkan risiko kanker usus besar.
  • Menjaga kesehatan tulang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa xylitol dapat meningkatkan massa tulang dan kandungan mineral tulang, yang dapat membantu melindungi tulang dari osteoporosis.

Inositol

Inositol dikenal juga sebagai vitamin B8, dan terdapat pada kacang-kacangan, beras, flaxseed, serta gula aren. Inositol memiliki rasa manis sekitar 50% dari gula biasa, dan secara molekuler menyerupai glukosa. Dilansir dari situs webmd.com, inositol juga memiliki beragam manfaat diluar gula alkohol pada umumnya, yaitu:

  • Dapat mengurangi efek samping berupa psoriasis akibat penggunaan litihum (obat yang digunakan pada gangguan kejiwaan)
  • Pada sindrom metabolik, konsumsi inositol dengan atau tanpa ALA (alpha liphoeic acid) dapat memperbaiki resistensi insulin, kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah
  • Membantu mengontrol gangguan panik
  • Pada PCOS (sindrom polikistik ovarium), inositol dapat membantu menurunkan kadar testosteron, meningkatkan fungsi ovarium sehingga memperbaiki ovulasi, serta meningkatkan prevalensi kehamilan
  • Kombinasi Inositol dengan asam folat membantu mencegah kelahiran prematur pada ibu hamil dengan diabetes
  • Kombinasi diatas juga bermanfaat dalam pengobatan disfungsi ereksi pada pasien diabetes pria.
  • Inositol merupakan komponen dari lesitin, yang dikenal sebagai agen lipotropik, yang dapat menghambat penumpukan lemak di hati. Sehingga, inositol juga membantu mencegah terjadinya perlemakan hati.

Keterangan: * Kalori dalam 1 gram gula biasa adalah 4 kalori.

Efek Samping

Kebanyakan gula alkohol sulit dicerna oleh tubuh, sehingga akan menuju ke usus besar dan difermentasi oleh bakteri baik disana. Akibatnya, konsumsi berlebihan dapat menyebabkan kembung, begah, dan diare. Pasien dengan IBS (Irritable Bowel Syndrome atau Sindrom Iritasi Usus) tidak dianjurkan mengonsumsi gula alkohol.

Kesimpulan

Gula alkohol merupakan alternatif pengganti gula yang aman, serta memberikan manfaat bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah wajar. Jadi, jangan takut untuk mengonsumsi yang manis-manis bila pemanisnya gula alkohol ya!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *