Menjaga Kesehatan Sendi Agar Tetap Sehat

Kesehatan Sendi

Hampir semua gerakan tubuh melibatkan tulang dan sendi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menjaga kesehatan sendi dan tulang agar Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan nyaman dan lancar.

Sendi adalah penyambung atau penghubung antara dua tulang dan berperan penting dalam pergerakan tubuh. Ada banyak sendi yang terdapat di dalam tubuh, misalnya sendi bahu, lengan, pergelangan tangan, jari, pinggul, pangkal paha, lutut, tungkai kaki, dan jari kaki.

Untuk beberapa kondisi, sendi bisa mengalami masalah, seperti kaku dan terasa nyeri. Nyeri sendi bisa menjadi gejala dari berbagai jenis penyakit, seperti asam urat, osteoarthiritis, dan rheumatoid arthritis.

Cara Menjaga Kesehatan Sendi

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan sendi:

1. Lakukan olahraga secara rutin

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa jarang berolahraga dapat membuat otot, tulang, dan sendi menjadi lebih lemah. Jarang melakukan aktivitas fisik juga diketahui dapat meningkatkan risiko radang sendi.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan sendi, Anda disarankan untuk berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari atau minimal 3–5 kali seminggu.

Tak hanya baik untuk kesehatan tulang dan sendi, rutin berolahraga juga baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung serta melancarkan aliran darah.

2. Hentikan kebiasaan merokok

Ilustrasi: Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan. Pasalnya, selain dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, gangguan paru-paru, dan kanker, merokok juga dapat mengganggu kesehatan persendian tubuh.

Oleh karena itu, berhenti merokok merupakan salah satu cara yang bisa Anda mulai lakukan untuk memelihara kesehatan sendi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

3. Jaga berat badan tetap ideal

Untuk menjaga kesehatan dan kekuatan sendi agar tetap optimal, penting bagi Anda agar menjaga berat badan tetap ideal. Hal ini dikarenakan berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan tekanan pada sendi, khususnya sendi yang digunakan untuk menopang beban tubuh, misalnya sendi lutut dan kaki.

Baca mengenai: Diet dan Nutrisi

Akibatnya, sendi akan mudah melemah dan mengalami gangguan. Dengan menjaga berat badan tetap ideal, beban sendi pun akan berkurang sehingga sendi akan lebih fleksibel dan kuat.

4. Perbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang kurang baik, misalnya sering membungkuk, dapat membuat sendi tubuh lebih cepat rusak. Selain itu, kebiasaan mengangkat benda berat atau sering melakukan gerakan berulang juga lama-kelamaan bisa merusak sendi. Kebiasaan tersebut bisa membuat tubuh rentan mengalami nyeri punggung atau nyeri lutut.

Oleh karena itu, biasakanlah untuk duduk dan berdiri dengan posisi tegap, serta beristirahatlah saat tubuh mulai kelelahan setelah beraktivitas.

5. Penuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium

Vitamin D dan kalsium adalah 2 jenis nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kekuatan serta kesehatan tulang dan sendi. Kekurangan kedua asupan nutrisi tersebut diketahui dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh, Anda dapat rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi, tepatnya sebelum pukul 9 pagi, atau mengonsumsi suplemen vitamin D.

Sementara itu, untuk mencukupi kebutuhan kalsium, Anda dapat mengonsumsi makanan tinggi kalsium, seperti susu, keju, yoghurt, dan kacang-kacangan, atau suplemen kalsium tambahan.

Jika selama ini Anda kurang memperhatikan kesehatan sendi, mulai sekarang cobalah untuk rutin menerapkan cara menjaga kesehatan sendi di atas. Namun, jika Anda mengalami keluhan tertentu pada sendi, misalnya sendi kaku, bengkak, atau nyeri, konsultasikan ke dokter agar penanganan dapat segera dilakukan.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *