Amazing! 7 Manfaat HIIT, Powerful Workout Untuk Kebugaran

HIIT

Apakah HIIT itu? Benarkah olahraga dalam waktu singkat dapat tetap menurunkan berat badan dan menjaga stamina?

Definisi

HIIT merupakan singkatan dari high-intensity interval training. Jenis olahraga ini merupakan olahraga yang dilakukan dalam waktu singkat, intensitas tinggi, dan jeda istirahat singkat diantaranya. Olahraga ini cocok untuk mereka yang tidak memiliki waktu yang banyak untuk berolahraga, atau orang dengan pekerjaan yang kurang aktivitas fisik. Dilansir dari laman American College of Sports Medicine, olahraga HIIT sendiri biasanya hanya membutuhkan waktu 10-30 menit.

Metode

Sebuah studi menunjukkan, bahwa olahraga HIIT bila dibandingkan dengan olahraga intensitas sedang seperti berlari, bersepeda, atau olahraga aerobik lain, memberikan hasil hingga 2 kali lipat pada orang dengan penyakit jantung. HIIT juga bisa berupa olahraga yang sudah rutin dilakukan, namun untuk metode ini, intensitasnya perlu diatur.

Misalnya, anda sudah terbiasa berolahraga dengan sepeda statis. Maka, anda dapat melakukan HIIT dengan mengatur intensitasnya. Alih-alih bersepeda statis dengan kecepatan konstan, anda bisa melakukan kayuhan dengan cepat dan resistensi yang tinggi selama 30 detik, lalu diselingi dengan intensitas rendah selama 10-15 detik. Hal ini dilakukan selama beberapa kali.

HIIT
HIIT dapat dilakukan dengan alat yang sudah tersedia di rumah anda. (sumber gambar: Google)

Manfaat

Berikut manfaat HIIT bagi kesehatan tubuh, sebagaimana dilansir dari Healthline.

Membakar banyak kalori dalam waktu singkat 

Apabila anda ingin membakar kalori dalam tubuh dengan cepat, olahraga ini merupakan pilihan yang tepat bagi anda. Berdasarkan studi yang telah membandingkan HIIT dengan olahraga lain seperti lari, latihan beban dan bersepeda, olahraga ini berhasil membakar kalori sebanyak 25 persen hingga 30 persen. Hal ini dapat dilakukan secara berulang dan konstan setiap hari dengan waktu yang singkat atau 1/3 dari berlari ataupun olahraga yang lain. Ini artinya, manfaat dari melakukan latihan intens seperti HIIT cardio adalah kalori tubuh terbakar secara efisien. Hal ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang sibuk dan kesulitan mencari waktu untuk berolahraga.

Baca juga mengenai sepeda lipat disini.

Meningkatkan metabolisme tubuh selama beberapa jam ke depan

Olahraga ini terbukti membuat sistem metabolisme tubuh menjadi lebih baik selama beberapa jam setelah berolahraga. Hal ini disebabkan karena intensitas olahraga HIIT yang tinggi membuat metabolisme tubuh Anda akan tetap bekerja secara maksimal, meskipun Anda sudah beristirahat. Selain itu, dalam 20 menit melakukannya, dapat menaikkan tingkat metabolisme tubuh yang setara dengan berlari selama 30 menit. 

Membantu menurunkan berat badan 

Survei telah membuktikan bahwa melakukan HIIT 3 kali seminggu selama 20 menit per sesi akan menurunkan berat badan sekitar 4.4 pound atau setara 2 kg. Penurunan ini terlihat setelah 12 minggu, bahkan tanpa adanya perubahan pola makan. Namun, ada hal yang lebih penting seperti berkurangnya lemak visceral atau lemak yang terletak di dalam organ dalam Anda sekitar 17 persen. Lemak viseral ini merupakan penyebab obesitas sentral (kegemukan perut) dan meningkatkan risiko penyakit jantung, dabetes, dan stroke. Pengurangan lemak viseral akan lebih efektif untuk para penderita obesitas yang akan lebih tampak signifikan pengurangan lemaknya. 

Membentuk otot badan 

Selain mengurangi lemak tubuh, jenis olahraga ini dapat menaikkan massa otot tubuh manusia. Peningkatan massa otot biasanya nampak pada kaki ataupun badan. Namun, Anda juga harus berhati-hati dan jangan sampai melakukan olahraga HIIT terlalu sering. Pastikan Anda beristirahat yang cukup dan beri jeda minimal satu hari di setiap latihan yang Anda lakukan. Jika Anda memaksakan diri setiap hari, Anda berpotensi mengalami nyeri otot dan radang sendi, serta meningkatkan risiko cedera.

Meningkatkan konsumsi oksigen 

Dalam hal ini, konsumsi oksigen mengacu pada kemampuan otot dalam menggunakan oksigen dan melatih ketahanan tubuh dapat digunakan untuk meningkatkan konsumsi oksigen tubuh Anda. Terdapat studi yang menjelaskan bahwa melakukan lima minggu HIIT dengan 4 kali seminggu dengan durasi 20 menit tiap sesinya maka akan membantu dalam meningkatkan konsumsi oksigen sebanyak 17 persen. 

Baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah

Manfaat berikutnya adalah membantu menjaga kesehatan jantung serta tekanan darah Anda, terutama pada orang-orang dengan berat badan berlebih atau obesitas.

Penderita obesitas umumnya sangat rentan mengalami masalah pada jantung dan tekanan darah tinggi. Maka dari itu, para ahli menyarankan penderita obesitas untuk melakukan olahraga HIIT sebanyak 4 kali seminggu selama 20-30 menit.

Mengurangi Gula Darah Tubuh

Dengan melakukan HIIT, anda dapat mengurangi gula darah dalam tubuh selama kurang dari 12 minggu. Olahraga ini juga bisa dilakukan oleh penderita diabetes karena olahraga ini dapat meningkatkan resistant insulin tubuh. 

Manfaat melakukan olahraga ini akan lebih terasa apabila dilakukan secara rutin dan terjadwal meskipun durasinya tidak lama dalam satu kali berolahraga. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi anda yang memiliki waktu terbatas untuk tidak melakukan olahraga secara teratur. Sama sehat!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *