3 Keunggulan Sepeda Lipat dan Tips Memilihnya

sepeda lipat

Bingung dengan berbagai model sepeda lipat di pasaran? Silakan baca ulasan mengenai sepeda lipat berikut

Trend Sepeda Lipat

Olahraga bersepeda kini semakin marak, terutama selama masa pandemi ini. Banyak orang yang beralih jenis olahraga menjadi bersepeda. Hal ini disebabkan karena berbagai hal seperti usaha untuk menghindari berdesakan di transportasi umum, terbatasnya jam operasional transportasi umum, serta sebagai salah satu cara untuk bisa tetap fit dan rutin berolahraga.

Baca juga mengenai manfaat olahraga bagi kesuburan disini.

Jenis sepeda yang sedang digandrungi oleh penduduk perkotaan adalah sepeda lipat (SeLi). Jenis sepeda ini dapat dilipat sehingga menghasilkan bentuk yang lebih kecil dan tidak memakan ruang penyimpanan, sehingga cocok untuk disimpan di rumah perkotaan yang memiliki lahan terbatas. Sepeda ini juga praktis untuk dibawa selama menggunakan transportasi seperti mobil atau kereta. Selain itu, bentuknya yang ringkas dan bobotnya yang tidak terlalu berat memudahkan pengendara untuk melewati jalanan kota yang padat atau sekedar keliling komplek di sore hari.

Alasan Menggunakan Sepeda Lipat

Keuntungan menggunakan sepeda lipat antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Praktis. Bentuknya yang ringkas dan ringan dapat dengan mudah dibawa ke dalam kereta, bus, dan mobil untuk menempuh perjalanan jauh. Sepda ini juga bisa dibawa masuk kedalam kantor, café, mall, dan rumah. Beberapa jenis bahkan dapat dimasukkan ke dalam tas untuk memudahkan perpindahannya. Karena ukurannya setelah dilipat sangat ringkas, maka sepeda ini cocok untuk penghuni apartemen yang sering naik turun lift dan tinggal di unit dengan luas terbatas.
  2. Nyaman dan Aman. Sepeda jenis ini memiliki bentuk yang tidak terlalu besar dan berat, sehingga siapa saja bisa dengan mudah menggunakannya. Bahkan anak-anak bisa dengan nyaman mengendarai seli. Tinggi rendah tampat duduk dan stangnya pun bisa diatur, membuat sepeda ini luas pengunaannya.
  3. Biaya Perawatan Murah. Seli dibuat dengan bentuk yang simpel dan efisien. Sepda ini juga dibuat kokoh bila dibandingkan sepeda biasa dengan ukuran yang sama.

Jenis Sepeda Lipat

Terdapat banyak jenis sepeda lipat yang beredar di pasaran. Seli dengan roda kecil, seli gunung, seli balap, sepeda city, sepeda BMX, dan sepeda listrik lipat. Pilihan yang paling populer adalah seli dengan ukuran roda 16” dan 20” (seli tipe compact). Jenis inilah yang praktis dan sering digunakan dalam perkotaan. Karena itu, artikel ini akan fokus membahas seli tipe compact.

Jenis seli tipe compact di pasaran sendiri ternyata tersedia dalam berbagai macam jenis. Jenis ini dibedakan mulai dari jenis lipatannya, ukurannya, sistem kecepatannya, jenis framenya, jenis rem, serta kapasitas angkutnya. Hal-hal tersebut akan turut menentukan harga seli di pasaran.

Sebelum memilah seli berdasarkan specs-nya, anda juga perlu tahu tujuan anda menggunakan sepeda lipat. Hal ini akan membantu anda untuk memilih jenis seli yang tepat untuk anda gunakan sehari-hari.

Selain itu, anda juga perlu mengenal bagian-bagian sepeda, minimal komponen yang umum. Sehingga, anda bisa membeli sepeda yang sesuai kebutuhan anda.

Komponen Sepeda

Mengutip dari wikipedia, berikut adalah bagan dari sebuah sepeda lipat yang terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut (lihat gambar):

  1. Stang, bagian yang bisa ditarik
  2. Pengatur tinggi-rendah stang
  3. Stang bagian bawah
  4. Panel pengunci lipatan stang
  5. Batang sadel yang bisa diturunkan
  6. Pengatur tinggi-rendah sadel
  7. Panel lipatan rangka
  8. Pedal
  9. Gir rantai
  10. Rantai
  11. Front fender
  12. Tempat pengaturan gigi/speed
  13. Pelek roda
  14. Bagasi
  15. Roda
  16. Sadel
  17. Tempat botol minuman
sepeda lipat

Ukuran Roda

Apabila anda ingin membeli sepeda yang dapat digunakan oleh rentang usia yang luas, anda dapat memilih seli dengan diamater 16”. Sepeda ini dapat digunakan oleh anak mulai dari usia 5-6 tahun hingga usia dewasa. Namun, tentunya kapasitas angkutnya tidak sebesar seli dengan diameter 20”. Perhatikan juga proporsi besar badan dengan ukuran sepeda. Apabila terdapat anggota keluarga dengan tinggi badan diatas 180 cm, tentunya akan terlihat canggung bila menggunakan sepeda dengan roda 16”. Diamater roda yang besar juga membantu anda melewati polisi tidur dengan nyaman. 

Atur tempat duduk dan stang sepeda agar nyaman digunakan. Idealnya, posisi kaki harus lurus ketika menekan pedal pada posisi terendahnya. Kaki yang masih tertekuk membuat kayuhan tidak optimal, dan pada waktu lama dapat menimbulkan cedera otot. 

Ukuran roda juga akan berpengaruh terhadap berat sepeda secara keseluruhan. Apabila anda ingin naik transportasi umum, sepeda 16” akan terasa lebih ringan dan mudah dibawa-bawa.  

Internal Gear vs Derailleur

Derailleur 

Derailleur adalah komponen sepeda untuk mengubah atau mengganti gear/speed/gigi dengan memindahkan rantai sepeda dari satu cog ke cog yang lainnya.

sepeda lipat

Pada gambar diatas, terdapat 2 jenis derailleur, yaitu Rear Derailleur (belakang) dan Front Derailleur (depan). Umumnya, seli memiliki rear derailleur dengan berbagai ukuran sprocket (cassette) yang berguna untuk menentukan kecepatan sepeda. Beberapa seli juga dilengkapi dengan front derailleur, yang akan bermanfaat bila menemui tanjakan. Anda dapat mengganti ke chain ring depan yang lebih kecil sehingga kayuhan tidak terasa berat saat menanjak.

Semakin banyak speed akan membuat sepeda semakin berat. Apabila anda ingin sepeda yang ringan dan mudah dipindahkan, pertimbangkan faktor ini.

Internal Gear

Internal gear merupakan sistem gear yang berada dalam hub roda, sehingga lebih aman dari kotor dan kerusakan. Sistem gear ini merupakan sistem yang lebih canggih bila dibandingkan dengan derailleur. Karenanya, harga sepeda akan lebih mahal bila menggunakan internal gear.

Jenis Rem

Rata-rata seli menggunakan rem jenis disc brake, yang unggul karena lebih kuat di segala cuaca, dan pengereman yang lebih pakem. Jenis lain adalah Rim brake, yang lebih ringan namun tidak bisa digunakan di area ekstrem. 

Untuk mekanismenya, bisa menggunakan mechanical atau hydraulic. Rem dengan mekanisme hidraulic akan lebih terasa ringan ketika mengerem.

Frame Sepeda

Jenis bahan sepeda lipat akan mempengaruhi kekuatan dan berat sepeda. Disadur dari situs sepeda.me, berikut jenis frame sepeda lipat:

  • Steel: Bahan ini paling murah, namun bobotnya paling berat. Karena bobotnya yang berat, sepeda menjadi lebih seimbang dan bisa membantu menyerap guncangan atau getaran. Pesepeda dengan badan yang berat atau akan sering membawa beban lebih dari 100 kilogram, sebaiknya memilih sepeda lipat dengan bahan besi, atau sepeda lipat kargo.
  • Alloy: Atau aluminium campuran, biasanya dipakai oleh sepeda kelas menengah ke atas. Aluminium dan alloy tidak terlalu mahal tetapi ringan. Dengan frame aluminium, sepeda ringan dan lebih mudah dikontrol dan bermanuver.
  • Carbon Fiber: Bahan material yang sangat kuat, sangat ringan dan bagus untuk menahan getaran minor. Kekurangannya adalah harganya yang mahal, dan sifatnya yang getas (langsung patah, tidak bisa bengkok)
  • Titanium: Bahan kelas atas untuk sepeda lipat kelas atas. Harganya yang paling mahal dari yang lain

Lipatan

Umumnya, seli dapat dilipat dengan cara half/ mid-folding. Sepeda kelas atas seperti Brompton bisa dilipat dengan sangat ringkas, sehingga mudah untuk disimpan dan dibawa.

Harga

Setelah mengetahui kebutuhan sepeda anda, sesuaikan dengan budget. Sebaiknya pilih sepeda dengan bahan dan kualitas yang bagus, sehingga awet dan mudah perawatannya.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *