10 Suplemen Tambahan Untuk Membantu Menjaga Kesehatan di Era Pandemi, Perlukah?

suplemen tambahan

Benarkah suplemen tambahan dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi ini?

Menjaga kesehatan tubuh erat kaitannya dengan daya tahan tubuh terhadap serangan kuman penyakit. Dengan memiliki tubuh yang sehat, maka imunitas tubuh pun akan mampu mencegah berkembangnya penyakit yang dapat mengganggu kesehatan.

Menjaga Kesehatan di Era Pandemi

Di era pandemi ini, semakin banyak orang yang sadar untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Karena, tidak dapat dipungkiri bahwa virus Covid-19 dapat menjadi berbahaya dan menimbulkan kematian bagi orang dengan kondisi kesehatan yang tidak baik. 

Menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari makan makanan dengan gizi yang baik dan seimbang, beraktivitas dan berolahraga secara teratur, serta tidur cukup sudah sepatutnya merupakan bagian dari rutinitas sehari – hari sedari dulu. 

Suplemen Tambahan: Definisi

Dengan adanya pandemi ini, banyak orang menambahkan suplemen sebagai bagian dari usaha meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini menyebabkan naiknya harga suplemen vitamin akibat meningkatnya pembelian.

Apakah suplemen Tambahan itu?

Suplemen tambahan merupakan produk berupa vitamin, mineral, atau herbal dan produk lainnya yang dikonsumsi untuk membantu menjaga kesehatan. Di Amerika Serikat, suplemen tambahan didefinisikan sebagai produk yang ditujukan untuk membantu melengkapi asupan, dan mengandung setidaknya satu dari komposisi berikut: vitamin, mineral, herbal, atau botanikal (ekstrak tanaman), asam amino, metabolit, atau kombinasi dari bahan – bahan tersebut. 

Suplemen sebenarnya ditujukan untuk melengkapi kekurangan dari asupan harian anda. Suplemen bukanlah obat, sehingga konsumsi suplemen seharusnya tidak bertujuan untuk mencegah, mendiagnosis, ataupun sebagai pengobatan utama suatu penyakit. 

Asupan gizi yang baik dan seimbang dari makanan sehari-hari dapat meningkatkan imunitas seseorang. Apabila anda sudah terbiasa untuk makan sesuai dengan pedoman isi piringku, serta rajin mengkonsumsi buah dan sayuran dengan porsi cukup dan jenis yang bervariasi, anda sudah melakukan langkah yang benar dalam upaya meningkatkan kesehatan tubuh anda. 

Lalu, suplemen apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi?

Suplemen Tambahan Untuk Mencegah Covid-19

Banyak info yang beredar mengenai suplemen yang dapat menangkal virus Covid-19. Sebenarnya hal ini kurang tepat, sebab yang benar-benar dapat mencegah seseorang dari tertular penyakit ini adalah dengan menerapkan protokol kesehatan dengan taat dan disiplin. Menggunakan masker yang tepat dengan benar, menjaga jarak aman, serta rajin mencuci tangan dapat membantu memutus rantai penularan virus. Selain itu, mengurangi aktivitas di ruang publik, terutama ruang tertutup dengan ventilasi kurang baik, juga akan membantu.

Baca juga mengenai masker SNI yang baik disini.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk menambahkan beberapa suplemen yang dirasa perlu guna memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian. Karena ditujukan untuk melengkapi kebutuhan harian, tentunya asupan suplemen bagi setiap orang dapat berbeda-beda. 

Terdapat beberapa kondisi yang dapat meningkatkan kerentanan anda untuk menderita defisiensi zat gizi. Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca artikel mengenai kondisi tersebut disini

Jenis Suplemen Tambahan

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral merupakan zat gizi yang esensial untuk menjaga fungsi metabolisme tubuh, mendukung pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, membantu metabolisme karbohidrat dan protein, serta dibutuhkan untuk kekuatan tulang dan membentuk sistem kekebalan tubuh.

Umumnya, vitamin dan mineral berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari, termasuk buah dan sayuran. Sementara itu, vitamin D banyak diperoleh dari paparan sinar matahari, meskipun juga bisa didapatkan dari makanan dan minuman.

Baca juga mengenai hubungan vitamin D dan kesuburan disini

Beberapa jenis makanan dan minuman mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup, sementara jenis makanan lainnya tidak cukup mengandung zat gizi (junk food). Karena itu, penting untuk menjaga asupan makanan kita agar selalu dapat memenuhi kebutuhan gizi. Hindari makanan dan minuman yang cenderung mengandung sedikit zat gizi namun tinggi kalori. Jenis makanan dan minuman seperti ini akan cepat membuat kenyang namun tidak memiliki nilai gizi yang baik. Pada akhirnya, anda dapat menderita defisiensi vitamin dan mineral yang dapat bepengaruh pada kesehatan anda.

Dilansir dari situs Copenman HealthCare, Vitamin dan mineral yang dapat turut membantu melengkapi kebutuhan harian anda di masa pandemi ini antara lain sebagai berikut:

  1. Vitamin A, C, dan E. Vitamin ini akan membantu menjaga keutuhan lapisan mukosa, termasuk mukosa pada pernapasan dan pencernaan. Karena virus Covid-19 terutama masuk melalui saluran pernapasan, maka sebaiknya jaga asupan makanan anda dengan makanan yang banyak mengandung vitamin A. Pilih juga multivitamin yang mengandung vitamin A,C, dan E pada komposisinya. 
  2. Vitamin B Kompleks. Jenis vitamin ini memainkan peran penting dalam fungsi sel, metabolisme energi, dan kekebalan tubuh. Vitamin ini banyak terdapat pada gandum dan serealia, juga sering ditambahkan pada produk makanan sebagai fortifikasi.
  3. Vitamin D. Vitamin ini membantu menjaga imun tubuh. Sayangnya, akibat pandemi ini banyak orang yang mengurangi aktivitas luar ruangannya. Sehingga, anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D, serta meminum suplemen vitamin D.
  4. Zink. Mineral ini akan membantu tubuh untuk membersihkan silia-silia yang ada di permukaan mukosa saluran pernapasan dari kuman penyakit, termasuk virus.
  5. Selenium. Mineral ini juga bekerja sebagai bagian dari anti oksidan yang membantu memerangi infeksi dan melindungi tubuh dari radikal bebas.
  6. Tembaga. Tubuh manusia juga memerlukan tembaga untuk melawan infeksi dan membantu membunuh kuman penyakit yang masuk ke tubuh.
  7. Zat Besi. Mineral ini termasuk jenis mineral yang populer sebagai suplemen. Zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Anemia sendiri akan memudahkan penderitanya untuk mendapatkan penyakit, dan memperlama proses penyembuhan. Sel darah merah sendiri juga berperan penting dalam mengantarkan oksigen, yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi tubuh, termasuk sistem imun. Baca juga mengenai anemia disini.
suplemen tambahan
Menjaga Asupan Makanan Agar Sehat dan Seimbang akan membantu mengurangi kebutuhan terhadap suplemen tambahan. (Sumber Gambar: Google)

Suplemen Tambahan: Non Vitamin dan Non Mineral

Selain vitamin dan mineral, terdapat pula suplemen untuk membantu menjaga imunitas tubuh, antara lain:

  1. Asam Lemak Omega 3. Asam lemak ini akan membantu tubuh dalam memerangi radikal bebas, serta berfungsi sebagai anti inflamasi. Baca juga mengenai omega 3 disini, dan makanan sumbernya disini
  2. Probiotik. Membantu menjaga keutuhan lapisan permukaan usus, sehingga membantu menjaga masuknya kuman dari saluran pecernaan.
  3. Herbal seperti jahe, echinacea, dan lainnya. Banyak herbal yang diklaim dapat mencegah Covid-19. Namun, sebaiknya anda tidak menalan mentah-mentah informasi tersebut. Tetap jaga protokol kesehatan meskipun anda mengonsumsi ramuan herbal, dan selalu pastikan komposisinya tidak mengandung zat yang berbahaya ataupun menimbulkan alergi.

Menjaga kesehatan sangat penting agar anda bisa hidup dengan nyaman, produktif, dan bahagia. Jagalah pola makan yang bergizi dan seimbang, serta konsumsi suplemen yang sesuai kebutuhan anda bila perlu. 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    1. Selamat sore bu. Untuk manula dengan usia > 60 tahun, pemberian asupan vitamin tambahan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Sebab, pada manula biasanya terdapat kondisi kesehatan tertentu yang turut menentukan dosis kebutuhannya, atau justru perlu dibatasi asupannya.