7 Jenis Buah Pepaya yang Popular Di Indonesia

buah pepaya

Buah pepaya merupakan buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Jenis apa saja yang dapat ditemui disini?

Buah Pepaya

Pepaya merupakan buah tropis yang tersedia sepanjang tahun. Meskipun begitu, pepaya paling mudah dijumpai pada musim kemarau, karena budidaya pada musim hujan rentan terkena penyakit dan pembusukan. Buah ini sudah dapat dipanen sekitar 8 sampai 9 bulan sejak dari penanaman bibitnya. Harga buah ini termasuk murah, dan mudah ditemukan dimana – mana. 

Pohon pepaya merupakan pohon yang tidak membutuhkan perawatan khusus. Anda bahkan dapat menanamnya di pekarangan rumah. Ukuran pohonnya pun tidak terlalu besar dan memakan tempat. Daunnya tidak mengotori sekitarnya, dan cukup sering berbuah.

buah pepaya
Pohon Pepaya berbentuk ringkas, sering berbuah dan mudah perawatannya.
(Sumber Gambar: Google)

Jenis Buah Pepaya yang Ada di Indonesia

Buah pepaya merupakan buah yang memiliki rasa manis, tekstur empuk namun padat, dan warna daging buah yang cerah. Terdapat beberapa jenis varietas pepaya yang terdapat di Indonesia. Berikut jenis pepaya yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia:

  1. Pepaya California

Jenis ini merupakan jenis yang tengah digandrungi oleh para petani saat ini. Jenis ini banyak ditemukan di pasar tradisional hingga swalayan terkemuka. Meskipun bernama “California”, sejatinya pepaya ini merupakan pepaya asli Indonesia dengan nama Calina. Pepaya ini memiliki warna kulit hijau kekuningan, warna daging buah merah cerah, dengan rasa yang enak dan manis. Buah pepaya jenis ini memiliki daya tahan yang bagus, dan dapat disimpan selama 5 hari di suhu ruang tanpa pengawet. 

2. Pepaya Carisya

Pepaya ini merupakan jenis yang ditemukan dan dikembangkan oleh Tim Pemulia Pusat Kajian Buah – buahan Tropika IPB. Jenis ini mulai dipasarkan oleh Menteri Pertanian RI pada tanggal 26 Mei 2010. Pohon pepaya jenis ini termasuk produktif, dan dapat berbuah setiap 4 bulan sekali. Ciri khasnya adalah ukuran buah yang cenderung mini dan berwarna kehijauan. Warna daging buahnya kemerahan, dengan rongga yang kecil dan tekstur daging yang tebal. Rasa pepaya jenis ini sangat manis, bisa mencapai 140 briks.

3. Pepaya Arum Bogor

Selain Carisya, terdapat jenis pepaya lainnya yang merupakan hasil dari penelitian IPB. Pepaya itu adalah pepaya Arum Bogor. Bentuk buah pepaya ini menyerupai pepaya Hawai, dengan daging buah kemerahan dan rasa yang sangat manis. 

4. Pepaya Bangkok

Berasal dari Bangkok, Thailand, pepaya ini masuk ke Indonesia sejak tahun 1970 silam. Warna dagingnya jingga kemerahan, dengan tekstur yang agak keras namun rasanya manis dan lezat. Selain sebagai makanan, di Thailnad pepaya juga digunakan sebagai bahan baku kosmetik.

5. Pepaya Hawai

Pepaya ini berasal dari Kepulauan Hawai. Bentuknya mini, menyerupai pepaya Carisya, namun warna kulitnya hijau dan kekuningan. Karena ukurannya yang mini, 1 buah pepaya ini bisa dinikmati oleh satu orang sendirian.

6. Pepaya Cibinong

Bentuk buah pepaya jenis ini adalah lonjong, dan lancip dibagian ujungnya. Saat matang, kulit buah tetap berwarna hijau dengan sedikit kekuningan pada ujungnya. Warna daging buahnya merah kekuningan, dengan citra rasa manis dan segar. Pepaya ini cukup tahan lama, sehingga menjadi favorit para pedagang buah.

7. Pepaya Red Lady

Bentuk buahnya bulat, dengan kulit yang lebih halus bila dibandingkan dengan pepaya jenis lainnya. Daging buahnya pun rasanya manis, dengan warna kemerahan yang sesuai dengan penamaannya. Pohon jenis ini mampu menghasilkan 30 buah pepaya dalam sekali panen.

buah pepaya
Jenis Pepaya yang Populer di Indonesia. (sumber Gambar: Google)

Bagaimana cara memilih buah pepaya yang bagus?

Tips Memilih dan Menyimpan Buah Pepaya

Untuk memilih buah pepaya yang manis dan bagus, baca dulu beberapa tips yang dikutp dari Tempo di bawah ini:

  1. Hindari buah pepaya yang keras. Buah pepaya yang keras menandakan bahwa buah tersebut belum terlalu matang. Hindari juga buah yang terlalu empuk, sebab artinya buah pepaya tersebut terlalu matang dan rasanya tidak begitu segar lagi
  2. Cium aroma pada bagian pusat buah. Seperti memilih buah lainnya, aroma yang wangi pada bagian pusat buah menandakan buah tersebut sudah matang
  3. Perhatikan warna kulit. Apabila kulit buah berwarna oranyae kehijauan, maka buah sudah matang. Apabila warnanya terlalu oranye, artinya buah tersebut terlampau matang. Namun, anda juga perlu memperhatikan jenis pepayanya. Beberapa jenis pepaya seperti pepaya Carisya memang memiliki warna kulit yang hijau merkipun sudah matang.
  4. Simpan pepaya yang sudah matang di kulkas. Pepaya yang sudah maatng sebaiknya dikonsumsi dalam waktu 1 atau 2 hari saja. Apabila dalam melari es, pepaya matang dapat bertahan 3 hingga 4 hari.
  5. Apabila anda terlanjur membeli pepaya yang belum matang, bungkus pepaya dengan kertas dan simpan dalam tempat yang dingin (suhu ruang) dan gelap, hindarkan dari sinar matahari langsung. Anda dapat menikmatinya dalam waktu 1 sampai 3 hari kemudian.

Pepaya merupakan buah yang sehat dan banyak manfaatnya. Harganya pun murah dan rasanya juga enak. Karena itu, tidak ada salahnya untuk memasukkan pepaya sebagai salah satu alternatif asupan buah anda sehari – hari.

Baca juga mengenai stres oksidatif dan hubungannya dengan kesuburan disini.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *