PSBB Lagi? Atasi Boring #DirumahAja dengan 10 Tips yang Fun Berikut Ini

PSBB

PSBB tidak identik dengan kebosanan asalkan anda tahu triknya

PSBB Kembali Diberlakukan

Jakarta kembali menetapkan Pembatasan  Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dimulai sejak tanggal 14 September 2020. Hal ini dilakukan untuk mencegah peningkatan jumlah kasus positif Covid-19. Dengan begitu, sudah 6 bulan kita berada di situasi pandemi ini.

Dengan ditetapkannya PSBB, maka kantor – kantor dan pusat perbelanjaan kembali ditutup. Kegiatan masyarakat pun kembali berpusat di rumah. 

Berada cukup lama di dalam rumah dapat menimbulkan kebosanan. Terlebih lagi, kita tidak dapat berkumpul dengan teman – teman dan sanak saudara selain anggota rumah. Ditambah dengan berita mengenai pandemi yang belum kelihatan ujungnya, bertambahnya kematian akibat covid-19, serta bayangan resesi, semakin menambah kekhawatiran masyarakat. Hal ini dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan mental. 

Lalu bagaimana cara mengatasi kebosanan dan kecemasan selama #dirumah saja? 

Tips Anti Bosan Selama #DirumahAja

Berikut beberapa tips yang dapat anda terapkan selama menjalani kegiatan dari rumah:

  • Buat jadwal harian. Sebagian dari anda tentunya tetap harus bekerja meskipun dari rumah. Karena itu, menyusun jadwal harian akan berguna bagi anda, sehingga anda bisa mengerjakan tugas kantor, dan meluangkan waktu untuk melakukan hal lain selama waktu luang anda.
  • Buatlah Bucket List. Membuat daftar kegiatan yang belum sempat anda lakukan bisa dimulai sekarang. Dengan banyaknya waktu luang di rumah, anda bisa memulai melakukan hal yang anda ingin lakukan namun terbatas oleh waktu. Susunlah bucket list anda sesuai dengan kategori jenis aktivitas. Hal ini untuk memudahkan anda memilah, jenis kegiatan apa yang akan dilakukan, dan juga mencegah rasa bosan akibat melakukan satu jenis kegiatan yang sama terus-menerus.
PSBB
Contoh Bucket List untuk #DirumahAja (Sumber: Google)
  • Menyusun ulang perabotan. Diam dirumah saja dapat menimbulkan rasa bosan dan jenuh. Atasi dengan menyusun ulang perabotan dan mengubah tata letak furniture di rumah. Siapa tahu, anda dapat membuat ruangan di rumah anda terasa lebih lega. Dengan begitu, meskipun anda harus terus beraktivitas di rumah, rasa bosan tidak mudah timbul.
  • Membereskan barang – barang. Coba anda pilah barang – barang di rumah anda. Jangan – jangan banyak yang sudah tidak diperlukan, rusak, atau sekedar menjadi pajangan karena anda tidak sanggup membuangnya. Kumpulkan barang – barang tersebut dalam kategori Dibuang, Disumbangkan, atau Disimpan. Rumah yang tidak penuh sesak tentunya akan membuat anda semakin betah
  • Belajar hal baru. Tertarik belajar coding? Atau ingin mencoba resep baru? Kini semua itu bisa anda lakukan. Sudah banyak jenis pembelajaran via online yang dapat anda ikuti, baik gratis maupun berbayar. Siapa tahu, skill yang anda dapatkan dapat membantu anda untuk mendapatkan uang di tengah ekonomi yang sedang turun akibat pandemi ini
  • Mendalami hobi. Setelah tuntas mengerjakan pekerjaan kantor yang menguras energi dan pikiran, saatnya anda melakukan hobi anda. Anda hobi menjahit? Pelajari teknik menjahit yang banyak tersedia di youtube. Atau anda hobi berkebun? Kembangkan dengan mempelajari teknik hidroponik atau membeli paket bercocok tanam yang banyak tersedia di market place. Selain anda senang, stok sayuran di rumah pun terjamin.
  • Membaca buku. Buku tampaknya sudah semakin ditinggalkan di jaman serba digital ini. Padahal, buku bisa memberikan anda pengetahuan baru tanpa distraksi yang berarti. Ya, membaca buku akan membuat anda fokus pada bahasan buku tersebut. Berbeda apabila anda membaca dari internet. Fokus anda dapat teralihkan untuk membuka situs yang lain. Selain itu, buku tidak membuat mata terlalu lelah akibat sinar biru.
  • Menjalin hubungan dengan keluarga via daring. Anda dapat memanfaatkan waktu luang anda untuk menghubungi keluarga terkasih dengan lokasi yang jauh. Teknologi yang semakin berkembang memungkinkan anda mengadakan pertemuan keluarga via internet.
  • Menonton Film. Anda dapat menonton film kesukaan anda. Lakukan dengan pasangan atau anak – anak di rumah agar semakin seru. Hias ruangan TV anda, cetak kupon bioskop anda sendiri, sediakan cemilan seperti pop corn atau snack, pasang lampu LED untuk memeriahkan suasana. Dijamin acara menonton anda dan keluarga akan semakin meriah.
  • Berolah raga. Gunakan waktu luang anda untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan rajin berolah raga, anda akan meningkatkan hormon endorfin yang memicu perasaan bahagia, serta meningkatkan imunitas anda.

PSBB memang sudah diberlakukan. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat anda cemas dan bosan selama di rumah saja. Ingat, hati yang bahagia akan membuat imunitas anda juga kuat. Karena itu, mari bekerja sama agar pandemi ini segera berakhir. Terapkan protokol kesehatan dengan disiplin, tetap sehat dan semangat dalam menjalani hari. 

Baca juga mengenai protokol kesehatan Covid-19 disini.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *