Program Hamil Selama Pandemi? Jangan Lupa Simak 10 Tips dan Trik Ini!

Tanpa pandemi, menjalani program hamil sudah merupakan rangkaian kunjungan berkali-kali ke rumah sakit. Lalu bagaimana menjalaninya selama masa pandemi ini?

Program Hamil Selama Pandemi

Memiliki anak merupakan harapan banyak orang ketika menikah. Melakukan berbagai usaha untuk mendapatkannya ternyata tetap dapat dilakukan meskipun kini kita berada di situasi pandemi Covid 19. 

Apakah yang dapat kita lakukan untuk menjalankan program hamil selama masa pandemi ini?

Tips – Tips Menjalankan Program Hamil Selama Pandemi

Berikut adalah hal-hal yang masih dapat kita lakukan untuk menjalankan program hamil selama pandemi:

  1. Menjaga kesehatan tubuh. Membiasakan diri untuk melakukan protokol higienitas seperti rajin mencuci tangan, menjaga jarak, mengenakan masker, serta menghindari keluar rumah bila tidak perlu dapat membantu menjaga kesehatan anda. Bagaimanapun juga, anda ingin hamil dalam keadaan sehat bukan?
  2. Berolahraga secara teratur. Meskipun dirumah saja, kegiatan berolahraga masih dapat dilakukan dengan baik. Terdapat banyak program olahraga secara online maupun aplikasi olahraga yang dapat unduh dan ikuti selama dirumah. Berolahraga secara rutin dapat membantu anda meningkatkan kesuburan, serta mendukung program hamil selama pandemi ini.
program hamil selama pandemi
Berolahraga di Rumah dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap prima.
(Sumber Gambar: Google)

3. Memakan makanan bergizi dan seimbang. Asupan makanan kaya nutrisi diperlukan, apalagi selama masa pandemi ini. Makanan dengan gizi seimbang akan membantu anda menjaga kesehatan, menguatkan sistem imun, serta meningkatkan kesuburan anda. Makanlah makanan yang kaya akan folat seperti sayuran hijau, telur dan buah bit. Anda juga perlu meningkatkan asupan makanan kaya vitamin D, karena anda akan lebih jarang terpapar sinar matahari selama dirumah saja. Apabila anda memiliki waktu luang yang lebih banyak, anda dapat meningkatkan keterampilan memasak makanan sehat dan bergizi.

4. Mengkonsumsi suplemen. Apabila anda merasa asupan zat gizi dari makanan belum memenuhi kebutuhan harian anda, tidak ada salahnya untuk mulai mengkonsumsi suplemen. Suplemen yang mendukung program kehamilan seperti vitamin D dan asam folat dapat rutin diminum untuk memenuhi angka kecukupan gizi anda.

5. Berpikir positif dan menghindari stres. Masa-masa seperti ini dapat memicu timbulnya stres. Padahal, stres dapat berpengaruh buruk terhadap kesuburan. Mulailah berlatih untuk berpikir positif, serta melakukan kegiatan yang dapat membuat anda bahagia.

6. Menghitung masa ovulasi. Apabila anda berencana hamil, masa ovulasi sangat penting untuk dipelajari. Periode masa ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Anda juga dapat mengecek masa subur anda dengan menggunakan strip khusus yang bisa dibeli di apotek. Baca juga mengenai siklus haid dan masa ovulasi anda disini.

7. Meninjau keuangan dan anggaran program. Selama anda dirumah saja, anda dapat meluangkan waktu untuk mengatur anggaran. Program hamil dapat menghabiskan dana yang cukup besar, dan semakin cepat anda mengatur anggaran untuk program, maka anda dapat menyisihkan cukup banyak uang. 

8. Merapikan dokumentasi. Anda dapat mengumpulkan hasil pemeriksaan selama program kehamilan dan menyusunnya berdasarkan kategori waktu dan jenis pemeriksaan. Dengan begitu, akan memudahkan anda dalam mengatur rencana pemeriksaan selanjutnya, serta menemukan dokumen yang diperlukan.

9. Mengumpulkan informasi. Anda dapat mencari-cari informasi megenai program hamil, serta membaca mengenai pengalaman orang selama menjalani program hamil. Siapa tahu, anda menemukan sesuatu yang belum anda lakukan.

10. Mengurangi frekuensi kedatangan ke RS. Menjalani program kehamilan seringkali membuat anda perlu datang ke RS untuk USG, memeriksa hormon, dan lainnya. Namun, di masa pandemi ini, sebaiknya pilih rumah sakit yang memiliki jalur khusus pasien sehat, sehingga anda tidak perlu terpapar oleh keramaian dan dapat menjaga protokol kesehatan dengan baik.

Apabila anda termasuk pasien dengan kadar Antibodi Anti Sperma yang tinggi, anda dapat tetap melakukan suntikan PLI di RSIA Sayyidah. RSIA Sayyidah menyediakan jalur khusus pasien program kehamilan sehingga social distancing serta protokol kesehatan dapat terjaga. Lantai yang disediakan merupakan lantai khusus yang berbeda dengan lantai pelayanan RS lainnya, sehingga pasien sehat dapat merasa nyaman selama menunggu dan berkonsultasi.

Melanjutkan program hamil selama pandemi ini ternyata mungkin dilakukan, asalkan anda memiliki niat kuat dan mengetahui apa saja yang masih dapat dilakukan. Tetap semangat dan berdoa untuk keberhasilan program anda ya 🙂

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *