Tertarik dengan Treadmill? Baca Dulu 10 Panduan Memilih Treadmill Disini!

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda membeli treadmill. Berikut panduan memilih treadmill yang lengkap.

Treadmill merupakan alat olahraga yang murah dan mudah pemakaiannya. Karena itu, alat ini termasuk salah satu jenis alat bantu olahraga yang luas penggunaannya. Namun, memiliki treadmill pribadi butuh pertimbangan yang matang. Selain harganya yang cukup mahal, jenisnya pun beragam. Anda perlu tahu jenis dan model treadmill yang cocok untuk anda, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal sesuai kebutuhan dan kantong anda. Artikel ini memiliki panduan memilih treadmill yang akan mengulas tradmill dari berbagai sisi.

Panduan Memilih Treadmill yang Tepat

Berikut beberapa panduan memilih treadmill dikutip dari sebuah artikel:

  1. Ada harga ada rupa. Treadmill tersedia dengan berbagai rentang harga. Namun, kita tetap harus berhati-hati dengan tidak membeli treadmill yang harganya terlalu murah. Saat berlari dengan treadmill, seluruh bobot badan Anda akan bertumpu pada sabuk konveyor yang berjalan seiring langkah kaki. Maka dari itu, seluruh bagian treadmill haruslah terbuat dari bahan berkualitas yang mampu menahan beban penggunanya saat berlari. Apabila harga treadmill terlalu murah, kemungkinan bahan bakunya bukanlah bahan yang berkualitas. Anda bisa bayangkan jika bahan baku treadmill yang Anda beli memiliki kualitas yang rendah, bisa-bisa treadmill Anda rusak hanya dengan dua atau tiga kali pemakaian. Akan lebih berbahaya lagi jika treadmill tersebut menyebabkan Anda cedera. 
  2. Ukuran sabuk konveyor. Pasti sedikit dari anda yang mengetahui bahwa terdapat rumus untuk menentukan ukuran sabuk konveyor yang tepat bagi anda. Rumus tersebut adalah {Tinggi Badan x 0.65 + 10 cm}. Jadi, apabila anda ingin membeli treadmill yang dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga, ada baiknya anda menggunakan rumus tersebut dan memasukkan tinggi badan tertinggi dirumah anda. Hal ini penting terutama untuk kenyamanan dan menghindari cedera akibat ukuran sabuk yang terlalu kecil.
  3. Lebar area lari. Selain ukuran panjang sabuk konveyor, anda juga perlu memperhatikan lebarnya. Lebar area lari yang nyaman adalah sekitar + 40 cm. 
  4. Kapasitas beban. Ketika anda berlari di treadmill, alat tersebut akan menahan beban tubuh anda dan hentakannya. Karena itu, sebaiknya memilih treadmill yang mampu menahan beban minimal 100 kg.
  5. Kecepatan lari maksimal. Anda perlu mempertimbangkan gaya berlari anda saat akan memilih treadmill. Apakah anda terbiasa berjalan santai (kecepatan sekitar 8 km/jam), jogging santai (kecepatan sekitar 12 km/jam), atausprint (kecepatan hingga 16 km/jam)? Setelah mengetahui gaya berlari anda, barulah anda bisa membeli treadmill yang memiliki mode kecepatan yang anda gunakan.
  6. Pemilihan motor. Sesuaikan juga motor treadmill dengan gaya berlari anda. Untuk berjalan santai bisa menggunakan mesin dengan 2.0 CHP (Continous Horse Power). Untuk jogging, anda bisa memilih 2.5 CHP, dan untuk anda yang terbiasa sprint, bisa memilih 3.0 CHP. Terdapat 2 jenis mesin, yaitu penggunaan home use (DC) dan komersial/tempat fitness (AC). Mesin treadmill untuk komersial akan lebih tahan lama karena mesinnya didesain untuk penggunaan terus-menerus. Tentunya akan berpengaruh juga terhadap harganya.
  7. Lama penggunaan. Sebaiknya pilih mesin treadmill yang dapat digunakan lebih dari 30 menit. Hal ini akan meluaskan kegunaan treadmill anda, dan anggota keluarga yang lain tidak perlu menunggu lama untuk bergantian menggunakannya.
  8. Kemiringan yang bisa diatur. Apabila anda ingin mesin treadmill dengan fungsi maksimal, pilih mesin dengan kemiringan yang bisa diatur. Dengan begitu, tantangan berlari anda dapat lebih banyak, serta meningkatkan kekuatan otot kaki anda dengan gerakan yang lebih bervariasi dibanding berlari di permukaan rata biasa.
  9. Track cushioning. Pilih treadmill dengan cushion yang baik, karena dapat membantu mengurangi cedera hingga 15-40%
  10. Garansi. Treadmill merupakan alat yang cukup mahal dan membutuhkan perawatan. Pilihlah mesin dengan garansi yang baik. Untuk motor biasanya disediakan garansi 1, 2, hingga 5 tahun. Untuk sparepart, bisa mendapat garansi kurang dari 1 tahun, hingga 2 tahun. Untuk frame bisa mendapat garansi seumur hidup. 
Panduan Treadmill
Ilustrasi Treadmill dan Bagian-Bagiannya sebagai Panduan Memilih Treadmill (Sumber gambar: Google)

Baca juga mengenai kelebihan dan kekurangan berolahraga dengan treadmill disini. Setelah membaca artikel panduan memilih treadmill ini, diharapkan anda terbantu dalam memilih mesin treadmill. Selamat berolahraga! 

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *