Siklus Haid dan Hubungannya dengan Kesuburan

Ilustrasi siklus haid

Banyak wanita yang cemas apabila menstruasinya tidak teratur. Lalu, apa hubungan siklus haid dengan kesuburan?

Pendahuluan

Siklus haid (siklus menstruasi) sering tertukar dengan lama waktu haid. Lama waktu haid adalah jumlah hari dimana perdarahan haid terjadi (biasanya berkisar 3-7 hari). Sedangkan siklus menstruasi sendiri merupakan rentang hari sejak pertama haid hingga hari pertama haid selanjutnya. Siklus ini rata-rata pada wanita adalah 28 hari. Namun ternyata siklus setiap wanita bisa berbeda-beda. 

Cara Menghitung

Siklus haid yang berlangsung teratur bisa menggambarkan kondisi kesuburan yang baik. Karena itu, penting bagi wanita yang sedang menjalani program kehamilan untuk mengetahui siklus menstruasinya sendiri. Cara untuk menghitung siklus menstruasi sangat mudah, cukup menandai hari pertama haid, kemudian menandai hari haid bulan berikutnya. Jumlah hitungan hari dari haid pertama ke haid berikutnya adalah siklus haid. 

Siklus Haid Normal

Siklus mesntruasi normal pada wanita dewasa yang tidak menggunakan kontrasepsi dapat berlangsung dari 21 hingga 35 hari. Beberapa wanita lainnya bisa memiliki siklus menstruasi hingga 40 hari. Variasi normal pada siklus menstruasi seseorang dapat disebabkan oleh faktor usia, genetik, kesehatan, massa tubuh, dan penggunaan kontrasepsi.

Siklus Haid yang Tidak Normal

Faktor yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi tidak normal antara lain:

  • Stres. 

Stres dapat mempengaruhi komposisi hormonal yang mengatur menstruasi (hormon reproduksi). Karena itu, stres yang terlampau berat atau berlarut-larut dapat mengakibatkan perubahan pada panjang siklus menstruasi.

Ilustrasi Hidup yang Sehat dan Bahagia (Sumber: Google)
  • Pola Makan dan Merokok Serta Konsumsi Alkohol

Diet restriksi makanan yang terlampau ketat dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Namun, pola makan berlebih juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Pola makan yang tidak sehat seperti banyak mengkonsumsi junk food dan fast food dapat mengganggu pola haid anda. Selain itu, rokok dan minuman beralkohol memiliki efek jangka panjang yang mempengaruhi keseimbangan hormon reproduksi. Pola makan yang sehat dengan konsumsi protein, karbohidrat, dan lemak seimbang, serta konsumsi sayur mayur dan buah – buahan akan membantu siklus menstruasi tetap teratur. Tambahkan suplemen seperti vitamin D dan suplemen lainnya untuk menjamin angka kecukupan anda terpenuhi. Baca juga mengenai pengaruh vitamin D terhadap kesuburan disini.

  • Kurang istirahat

Kurang istirahat, termasuk kurang tidur dan juga jet lag, dapat berpengaruh pada irama sirkadian tubuh. Hal ini akan berpengaruh juga pada hormon reproduksi yang akhirnya akan mempengaruhi siklus menstruasi anda.

  • Olahraga Berat

Olahraga dapat menyebabkan perubahan metabolisme tubuh. Hal ini nantinya akan berpengaruh juga pada siklus menstruasi. Olahraga yang bermanfaat bagi tubuh dan kesuburan adalah olahraga yang dilakukan secara teratur 2-3x dalam seminggu dengan intensitas ringan-sedang.

Baca juga mengenai peranan olahraga dalam meningkatkan kesuburan disini.

  • Pil dan alat kontrasepsi serta Gangguan Hormonal

Pil dan alat kontrasepsi bekerja langsung dalam mempengaruhi hormon menstruasi. Karena itu, pengguna pil kontrasepsi dapat mengalami perubahan siklus setelah mulai mengkonsumsi pil tersebut. Alat kontrasepsi seperti IUD dapat mengandung hormon yang berperan mencegah kehamilan sekaligus mempengaruhi siklus menstruasi.

Gangguan hormonal seperti tingginya kadar androgen (hormon pria) pada PCOS, serta tingginya kadar prolaktin dapat mengganggu siklus menstruasi dan kesuburan.

Tertarik dengan PCOS? Silakan baca mengenai PCOS disini.

Baca juga mengenai prolaktin dan kesuburan disini.

Karena siklus menstruasi yang teratur cukup berperan dalam menentukan kesuburan seseorang, maka sebaiknya mulai dari sekarang amati siklus haid anda setiap bulannya. Apabila anda merasa memiliki gangguan siklus menstruasi dan kesuburan, segera konsultasikan kepada dokter kandungan anda.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *